KKN-IK TAHUN 2021 MELAKUKAN PENDATAAN UMKM BUDIDAYA TERNAK LELE YANG MENJADI ALTERNATIF PEMUDA DESA MINTORAHAYU UNTUK MENGATASI PHK MASSAL DI MASA PANDEMI

Pandemi Covid-19 yang mendorong penerapan kebijakan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) di sejumlah daerah di Indonesia berdampak kemerosotan ekonomi di semua warga Indonesia. Banyak perusahaan tidak sanggup meneruskan produktivitas usaha hingga harus lakukan Pemutusan Hubungan Kerja (PHK). Data Kemnaker RI tercatat hingga 2.8 juta korban PHK di era pandemik Covid-19.  Bahkan Menkeu Sri Mulyani menyatakan ada 5 juta lebih pekerja ter PHK. Kadin lebih besar lagi yakni 15 juta orang yang Ter PHK di Indonesia. Salah satu karyawan yang merasakan PHK dampak dari covid-19 yaitu Ilham, pemuda desa Mintorahayu. Untuk tetap bisa memenuhi kebutuhan sehari-hari, Ilham memiliki ide untuk membuka usaha ternak lele di samping rumahnya.

Usaha ternak lele telah dibangun pada tahun 2019 dirintis oleh pemuda desa Mintorahayu RT. 06/RW. 01, Ilham (19). Sejak tahun 2019 itu, usaha dimulai dengan pembelian bibit lele dari modal kecil. Modal didapat dari uang sisa tabungannya, untuk itu ia berusaha sepintar mungkin untuk bisa memutar modalnya agar bisa mendapatkan keuntungan yang diharapkan. Usaha ini ditekuni sampai sekarang yang membuahkan hasil yang cukup baik. Usaha yang dilakukan sementara ini hanya ternak ikan lele, karena untuk lebih fokus mengurusinya. Diharapkan usahanya agar cepat berkembang dan bisa membudidaya ikan lainnya. Untuk penjualan ikan lele dilakukan kurang lebih umur ikan lele 3-3,5 bulan. Penjualan dilakukan dengan sistem online yang ditawarkan di berbagai media sosial seperti facebook atau whatsapp. Perhitungan pakan per bulan dengan 10.000 ekor lele sebanyak Rp 2.700.000.

Pendapatannya sendiri tergantung penjualannya setiap hari, karena setiap hari tidak selalu sama, pendapatannya perhari bisa mencapai Rp 300.000. Target pasar yang dituju yaitu pedagang dipasar, jual lewat online seperti dimarketplace atau menghubungi penjual langsung. Usaha ternak lele yang telah dijalani memiliki manfaat bagi Ilham dan keluarganya, karena dengan adanya usaha ini, ia tetap bisa bekerja dan mendapatkan penghasilan setiap harinya. Selain Ilham, ada masyarakat lain yang sama memiliki usaha ternak lele yaitu Eko (26), warga desa Mintorahayu RT. 06/RW. 01. Sama dengan Ilham, usaha ternak lele yang telah berjalan ini bisa membantu perekonomian keluarga.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan