LITERASI KEAGAMAAN MELALUI KEGIATAN MENGAJAR TPQ DI DESA MINTORAHAYU

Al-Qur’an memegang peranan yang sangat signifikan dalam pembentukkan akhlakul karimah. Oleh karena itu,Al-Quran sangat penting dalam meningkatkan moral pada anak. Berpijak pada urgensi tersebut, maka eksistensi Taman Pendidikan Al-Qur’an (TPQ) sebagai sebuah lembaga pendidikan nonformal di bidang pendidikan keagamaan yang menitikberatkan pengajaran pada pembelajaran membaca Al-Qur’an sejak usia dini serta memahami dasar-dasar dinul Islam sebagai bentuk upaya menambah literasi di bidang pendidikan dan keagamaan yang berorientasi pada pembentukan akhlak dan menjadikan generasi yang qur’ani.

TPQ juga sebagai salah satu sarana dakwah Islam yang dirancang sesuai dengan kebutuhan anak. Dalam dakwah Islam melalui TPQ, anak diajarkan bagaimana mulai mengenal huruf hijaiyah, mampu membacanya, mampu menulisnya, dan sampai pada bacaan Al-Qur’an. Dalam TPQ tidak hanya diajarkan baca tulis Al-Qur’an saja, tetapi juga diperkenalkan dengan ajaran-ajaran dasar Islam, seperti surah-surah pendek, cara berwudlu dengan benar, cara sholat dengan benar, bacaan-bacaan sholat, dll.

Kegiatan mengajar anak TPQ dilakukan oleh KKN-IK IAIN KUDUS di desa Mintorahayu setiap hari yang bertempat di rumah ustadzah di dukuh masing-masing dan itu dibagi menjadi 2 kloter pagi dan sore hari agar tidak terjadi kerumunan. Hal tersebut juga dilakukan dengan menerapkan protokol kesehatan dengan menggunakan masker, memakai hand sanitizer dan menjaga jarak. Bu Yanti selaku ustadzah yang mengajar mengucapkan terima kasih atas inisiatifnya yang ingin membantu saya dalam mengajar anak-anak. Selain itu, anak juga menjadi lebih berani dan aktif  untuk berangkat mengaji”.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan