KKN-IK 2021 DESA MINTORAHAYU MELAKUKAN SURVEI DAN PENDATAAN PADA INDUSTRI RUMAH TANGGA PENGHASIL MAKANAN RINGAN “ANITA SNACK”

Usaha rumahan menjadi alternatif ibu-ibu rumah tangga untuk mendapat tambahan penghasilan sehari-hari. Salah satu ibu rumah tangga yang memproduksi usaha rumahan berupa snack yaitu Ibu Anita. Ibu Anita memulai usaha  dari tahun 2019 dengan modal awal kurang dari 1 juta. Usaha yang dirintis dari tahun 2019 ini, membuahkan hasil yang baik. Karena saat ini, Ibu menjadi pengusaha home industri di desa Mintorahayu. Penamaan snack ibu Anita yaitu Anita snack, nama tersebut diambil dari nama beliau, Anita. Barang dan bahan yang di butuhkan dalam pembuatan snack yaitu mesin penggilingan, penggorengan, minyak, tepung, kacang tanah, bumbu-bumbu, dll.

Awalnya mula mempromosikan produknya ke pasar-pasar, toko, dan media sosial seperti facebook. Serta tidak lupa, dari mulut ke mulut yang mengatakan jika snack milik bu Anita memiliki rasa yang enak dan cita rasa yang berkualitas. Jenis snack yang di buat yaitu antara lain acang sembunyi, stik, dan pangsit atau kerupuk bawang. Saat ini setiap harinya bisa memproduksi kurang lebih 20 kg. Sekarang pelanggannya jangkauannya sudah lebih luas seperti di area kecamatan winong, gabus, dan kayen.

Untuk barang yang di pasarkan ada yang eceran 1000 per pcs dan ada yang ukuran 1kg, pesanan bisa disesuaikan dengan permintaan pelanggan. Selain di setorkan ke pasar atau toko-toko biasanya juga mendapatkan pesanan untuk acara-acara. Untuk keuntungan atau hasil bersih dari penjualan tersebut kurang lebih 3 juta perbulannya. Kesuksesan bu Anita, tidak luput dari kerja kerasnya memajukan usaha makanan ringan tersebut, serta tetap berjuang dalam menghadapi segala resiko kedepannya.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan