PELAKSANAAN KEGIATAN SEMINAR PELATIHAN MARKETPLACE YANG DIADAKAN OLEH KKN-IK 2021

Sistem belanja yang saat ini sudah mulai berkembang dan memudahkan konsumen menjadi hal yang harus diikuti setiap individu, khususnya pemilik UMKM. UMKM memerlukan marketplace untuk bisa memasarkan produknya agar lebih dikenal banyak orang. Pengertian marketplace sendiri merupakan portal belanja online dimana penjual dan pembeli dipertemukan untuk melakukan proses transaksi jual beli. Marketplace di Indonesia yaitu antara lain Tokopedia, Shopee, Bukalapak, Lazada, Blibli, dan lain-lain.

Untuk menciptakan kepuasan konsumen dalam memenuhi kebutuhan berbelanja, diperlukan pihak penyedia jasa perdagangan online yaitu e-commerce. E-commerce bertujuan untuk melakukan hal yang membuat konsumen puas yaitu dengan meningkatkan keamanan data konsumen atau keamanan bertransaksi, kemudahan dalam melakukan transaksi jual beli, meminimalkan risiko kinerja dapat dilakukan dengan menyediakan barang atau jasa yang memiliki kualitas baik, serta menyediakan sarana dan prasarana untuk memenuhi kenikmatan berbelanja konsumen.

Dalam memberikan penjelasan mengenai pentingnya marketplace, untuk itu kelompok KKN-IK 2021 kecamatan winong 1 dan 2 mengadakan acara seminar yang berjudul “implementasi marketing online marketing online melalui e-commerce dalam memaksimalkan pendapatan UMKM”. Acara tersebut diadakan pada minggu, 26 September 2021, bertempat di balai desa klecoregonang. Acara dimulai pukul 09.00 WIB – selesai dengan dipandu moderator yang bernama Resma Dicky Pratama. Untuk narusumber yang dipilih berasal dari pengusaha online yaitu ibu Dewi Kristyarini. Sedangkan untuk keynote speaker dari ibu Retno Susilowati, M.Pd selaku DPL KKN-IK kecamatan Winong 2.

Manfaat yang didapat dari seminar ini yaitu untuk mempelajari lebih jelas tentang  marketplace, pentingnya marketplace pada UMKM, dan tata cara pembuatan toko pada marketplace. Diharapkan seminar ini bisa menjadi acuan untuk UMKM bisa membuat toko dan memperkenalkan produknya ke khalayak ramai. Seminar ini dihadiri oleh pemilik UMKM maupun kalangan muda yang ingin belajar tentang bisnis di marketplace.

Jadi yang Pertama Berkomentar

Tinggalkan Balasan